اَلسَّلَامُ عَلَيْكُم بِسْمِ اللهِ الرَّحْمَنِ الرَّحِيْمِ
LCD Text Generator at TextSpace.net
LCD Text Generator at TextSpace.net
small rss seocips Murottal Qur'an
Sambil dengerin ngaji yuukk, baca postingannya, klik tombol play nya !!!

Friday, April 22, 2016

Sunnah Sunnah Rosulullah Shallallahu 'alaihi wasallam yang terlupakan bag - 2




Assalamu'alaikum.....
Bismillah...
pada kesempatan yang lalu saya memposting tentang sunnah sunnah rosul yang terlupakan, tulisan ini melanjutkan tulisan yang kemarin, karena begitu banyak sunnah sunnah yang di lupakan atau tidak di kenal oleh orang muslim khususnya.
Baiklah ini sekedar mengingatkan kita akan pentingnya sunnah sunnah Rosul itu dalam kehidupan sehari hari kita.

Kemarin sampai kepada sunnah setelah shalat shubuh, yaitu dzikir.
Setelah dzikir biasanya kita mandi, ada sunnah sunnah mandi
yang di contohkan Rosulullah shallallahu 'alaihi wasallam. ketika kita masuk kamar mandi kita di haruskan membaca doa


اَللَّهُمَّ اِنِّى اَعُوْذُبِكَ مِنَ الْخُبُثِ وَالْخَبَاءِثِ 
yang artinya :
 Ya Allah sesungguhnya aku berlindung dari setan laki laki dan syetan perempuan

karena kamar mandi itu tempatnya syetan maka kita harus meminta perlindungan kepada Allah,  dan ketika melangkahkan kaki ke kamar mandi, yang pertama masuk kamar mandi ialah kaki kiri, kita dilarang berlama lama di kamar mandi, bersiul siul apalagi nyanyi nyanyi. karena kamar mandi itu tempat yang sangat jorok.
kadang kita lihat atau masih kebanyakan seorang laki laki ketika kencing mereka berdiri, apalagi skarang ini kencing sambil berdiri udah menjadi tren modern, padahal kencing sambil berdiri adalah perbuatan yang dilarang, selain tidak sesuai ajaran islam juga sangat berdampak negatif bagi kesehatan pria bisa timbul penyakit seperti prostat dan lain lain. Makanya Rosul kita memerintahkan kita kencing sambil jongkok dan memegang kemaluan dengan tangan kiri.

Ketika berpakaian pun ada sunnah nya, ada doanya pula
doa nya sebagai berikut
اَلْحَمْدُ لِلَّهِ الَّذِى كَسَانِى هَذَا وَرَزَقَنِهِ مِنْ غَيْرِ حَوْلٍ مِنِّى وَلَا قُوَّةٍ 

artinya :  segala puji bagi Allah yang memberikan pakaian ini kepadaku sebagai rizki dari padanya tanpa daya dan kekuatan dariku

dan melepas pakaian pun harus berdoa, dengan membaca basmalah, karena walaupun kita sedang sendirian, tapi syetan bisa melihat aurat kita ketika kita sedang tidak memakai  pakaian, tapi dengan membaca basmalah maka penglihatan syetan pun tertutup sehingga tidak bisa melihat aurat kita.
 bercermin pun ada sunnah nya, kita dianjurkan membaca doa terlebih dahulu
doanya 

اَللَّهُمَّ كَمَا حَسَّنْتَ خَلْقِى فَحَسِّنْ خُلُقِ 
artinya : Ya Allah sebagaimana Engkau membaguskan rupaku (penciptaanku) maka baguskanlah akhlakku

hal itu harus kita pinta kepada Allah, karena banyak yang bagus rupanya tapi akhlaknya buruk. 

Adapun sunnah dalam makan dan minum adalah sebagai berikut
- makan dan minum dengan tangan kanan, karena masih banyak dari kita makan dan minum dengan tangan kiri, mungkin mereka tidak tau adab nya atau sengaja tidak mau melaksanakan. Rosul sangat melarang makan dan minum menggunakan tangan kiri, dalam sebuah keterangan disebutkan
" Apabila kamu makan maka makanlah dengan tangan kanan dan apabila minum maka minumlah dengan tangan kanan karena sesungguhnya syetan makan dan minum dengan tangan kirinya. 
tidak mau kan kita mengikuti tingkah laku syetan, maka makan dan minum harus dengan tangan kanan. 
- makan dan minum tidak boleh sambil berdiri, karena Rosulullah  shallallahu 'alaihi wasallam melarangnya, dan menurut ilmu kedokteranpun makan dan minum sambil berdiri tidak baik untuk kesehatan.
- tidak boleh mencela makanan
-  memulai makan dengan membaca bismilllah,jika tidak membaca basmalah terlebih dahulu, maka syetan akan ikut makan bersama kita.
dulu pernah ada seorang yang makan, dia lupa membaca basmalah, maka syetan pun ikut makan bersamanya, tapi ketika dia ingat bahwa dia tidak membaca doa dahulu, maka dia membaca bismillah, maka Rosullullah berada bersama orang itu tertawa, para sahabat heran, kenapa beliau tertawa, Rosulullah menjawab, saat orang itu membaca basmalah maka syetan pun mengeluarkan semua isi perutnya.
- jika kita lupa membaca doa terlebih dahulu, kemudian kita ingat disaat saat sedang makan, maka Rosulullah shallallahu 'alaihi wasallam memerintahkan untuk membaca doa 

بِسْمِ اللّهِ اَوَلَهُ وَ اَخِرَهٌ 
- makan dengan tangan, karena jari tangan kita menurut ilmu kedokteran mengandung enzim yang bisa membunuh kuman yang akan masuk kedalam tubuh kita.
- tidak membuang makanan, karena hal itu mubadzir, dan jika ada makanan yang jatuh,  maka harus dipungut buang yang kotornya, lalu makan
- setelah makan dianjurkan berdo
- menjilat jari jari setelah makan, karena kita tidak tau jari mana yang membawa berkah
dalam sebuah keterangan disebutkan, " Apabila salah satu dari kalian makan maka jangan sekah tangannya sebelum ia jilat atau menjilatkan kepada orang lain"
 

اَلْحَمْدُ لِلّهِ الَّذِى اَطْعَمَنَا وَسَقنَا وَجَعَلَنَا مِنَ الْمُسْلِمِيْنَ 
 dan dalam minum pun ada sunnah nya
- ketika minum dalam gelas atau cangkir, maksimal 3 tegukan, tidak boleh bernafas didalam gelas, ternyata larangan Rosul ini di buktikan ilmu kesehatan bahwa ketika bernapas dengan air kandungan air dan udara yang kita  hembuskan, akan berubah menjadi racun.
setelah minum kita dianjurkan berdoa

اَلْحَمْدُ لِلّهِ الَّذِى سَقَنَا عَذْبًا فُرَّةً بِرَحْمَتِهِ وَلَمْ يَجْعَلْ مِلْحًا اٌجَجًا بِذُنُوْبِِنَا 

demikian lah sunnah sunnah yang jarang diketahui oleh orang islam, sekedar mengingatkan saja, jika sudah  terbiasa dengan sunnah itu, alhamdulillah semoga terus istiqomah

semoga bermanfaat..!!

kembali

No comments:

Post a Comment

Silakan Tuliskan Komentar Anda Tentang Blog Ini dan Juga Tentang Postingannya, Komentar dan Masukkan Anda Sangat Berarti Untuk Perkembangan Blog Ini

Beri Tahu Kami Jika Ada Link Download Yang Tidak Bekerja atau Tidak Bisa Dibuka
TERIMA KASIH...!!!