اَلسَّلَامُ عَلَيْكُم بِسْمِ اللهِ الرَّحْمَنِ الرَّحِيْمِ
LCD Text Generator at TextSpace.net
LCD Text Generator at TextSpace.net
small rss seocips Murottal Qur'an
Sambil dengerin ngaji yuukk, baca postingannya, klik tombol play nya !!!

Monday, February 29, 2016

Keajaiban Sedekah

Kawan kawan perkenankanlah kali ini aku akan menulis sebuah catatan tentang  infaq atau sedekah.
Sebagaimana yang telah kita ketahui bahwa sedekah itu adalah memberikan sebagian harta yang kita miliki kepada orang yang berhak menerimanya seperti fakir miskin anak yatim dan sebagainya. Sedekah atau Sodaqoh berasal dari bahasa arab berasal dari kata (sho-da qo - ta marbutuh), jika di gabung menjadi kalimat shodaqoh yang artinya pemberian yang diberikan oleh seseorang sebagai kebajikan yang mengharap ridho Allah SWT dan pahala semata. Sedekah dalam pengertian di atas oleh para fuqaha (ahli fikih). Dan bershodaqoh itu adalah ciri orang yang bertakwa sebagaimana firman Allah swt
dalam surat al baqoroh ayat 3 ata kata " wa mimmaa rozaqnaahum yunfiquun" 
" Dan mereka mengimpakan/ menyedekahkan dari sebagian harta yang telah Kami rizkikan kepada mereka"
Shodaqoh adalah sumbangan yang tidak ditentukan jumlahnya ataupun wujudnya, bersedekah bisa dengan uang, pakaian, tenaga, ilmu , pikiran bahkan dengan senyuman juga bisa, karena senyuman adalah sedekah yang paling mudah. Dengan shodaqoh dapat membersihkan harta kita dan diri kita, membersihkan harta kita dari hak orang lain yang terkadang kita makan, karena dalam harta kita itu ada hak orang lain. Dan membersihkan diri dan jiwa kita dari dosa sebagaimana firman Allah swt dalam surat At Taubah ayat 103 :
"Khudz min amwaalihim shidaqotan tutohhirhum watuzakiihim bihaa" 
tapi dalam konteks ini shodaqotan ber murodif zakatan yang artinya zakat, jadi diartikan " (Ambillah zakat dari kekayaan mereka. Zakat itu akan membersihkan dan mensucikan mereka). 
Mungkin tidak perlu dibahas lagi antara perbedaan zakat dengan sedekah karena sudah pada tau.
Kita tidak perlu khawatir harta kita akan habis karena kita sering sedekah, justru Allah akan menggantinya dengan yang lebih berlipat lipat ganda bahkan sampai 700x lipat, firman Allah swt :
"Matsalulladziina yunfiquuna amwaalahum fii sabiilillah kamatsali habbatin anbatat sab'a sanaabila fii kulli sunbulatin miatu habbah, wallaahu yudho'ifu liman yasyaa wallahu waasi'un 'aliim"
(Perumpamaan (nafkah yang dikeluarkan oleh) orang-orang yang menafkahkan hartanya di jalan Allah adalah serupa dengan sebutir benih yang menumbuhkan tujuh bulir, pada tiap-tiap bulir seratus biji. Allah melipat gandakan (ganjaran) bagi siapa yang Dia kehendaki. Dan Allah Maha Luas (karuniaNya) lagi Maha Mengetahui) (Q.S Albaqoroh : 261)
Subhanallah betapa baiknya Allah kepada orang yang mengimpakan hartanya dijalan Allah dan matematika Allah beda dengan matematika manusia. Kita berinfak tapi kita juga tidak boleh mengikuti apa yang kita infakan itu dengan tidak menyebut nyebut apa yang kita berikan dan menyakiti orang yang menerima infak kita. Orang yang seperti itu Allah janjikan akan mendapatkan tempat yang baik disisi Allah swt (lihat surat al baqoroh ayat 262)
Kita dianjurkan berinfak atau bersedekah dengan barang barang atau benda yang kita juga masih sukai bukan barang yang sudah kita benci atau tidak suka karena sudah tidak layak pakai misalnya. karena itu bukan merupakan suatu kebaikan sebagaimana firman Allah swt "
"Lan tanaalul birro hatta tunfiquu mimmaa tuhibbuun"
(Kamu sekali-kali tidak sampai kepada kebajikan (yang sempurna), sebelum kamu menafkahkan sebahagian harta yang kamu cintai.) (Q.S Ali Imran :92)

Harta yang kita miliki itu  ibarat sebuah bak air, jika terus terusan diisi air maka air itu akan meluap begitu juga harta kita jika harta kita tidak dikeluarkan sebagian maka harta kita itu dengan sendirinya akan hilang baik kemalingan, ada bencana atau pun hal lainnya. Nah itu mengalirkan harta kita itu maka islam menganjurkan kita untuk bersedekah, berinfak dan berzakat.
Mari kita berinfak dari sekarang dimulai dari hal yang kecil
semoga bermanfaat...

kembali..

No comments:

Post a Comment

Silakan Tuliskan Komentar Anda Tentang Blog Ini dan Juga Tentang Postingannya, Komentar dan Masukkan Anda Sangat Berarti Untuk Perkembangan Blog Ini

Beri Tahu Kami Jika Ada Link Download Yang Tidak Bekerja atau Tidak Bisa Dibuka
TERIMA KASIH...!!!