اَلسَّلَامُ عَلَيْكُم بِسْمِ اللهِ الرَّحْمَنِ الرَّحِيْمِ
LCD Text Generator at TextSpace.net
LCD Text Generator at TextSpace.net
small rss seocips Murottal Qur'an
Sambil dengerin ngaji yuukk, baca postingannya, klik tombol play nya !!!

Monday, February 29, 2016

Shalat Dapat Mencegah Perbuatan Keji Dan Munkar

Assalamu'alaikum warohmatullah wabarokatuh..
Kita sering mendengar baik melalui para ustadz atau ulama ataupun dari berbagai media bahwa shalat itu dapat mencegah perbuatan keji dan munkar, hal ini sesuai dengan yang tercantum dalam surat al ankabut 45
Innassholaata tanhaa 'anil fahsyaa-i wal munkar
" Sesungguhnya Shalat itu dapat mencegah dari perbuatan keji dan munkar"
Tapi pada kenyataan nya banyak yang melaksanakan shalat
tapi kemunkaran dan kekejian masih mereka laksanakan mungkin termasuk kita juga istilah zaman sekarang STMJ (Shalat Terus Maksiat Jalan), Apakah ada yang salah dengan ayat itu ?
Mari kita kaji, ayat itu tidak salah dan tidak mungkin Allah salah dengan firman firmannya. Shalat dapat mencegah perbuatan keji dan munkar jika shalat itu dilaksanakan sesuai dengan Rukun Dan Syaratnya dan ada bekas atau atsar dari shalat itu.
Dan shalat itu tidak hanya dikerjakan tapi didirikan.

Jika kita paham dengan bacaan bacaan shalat maka sedikit banyaknya penyakit hati pada diri kita tidak akan muncul
Shalata diawali dengan Lafadz " ALLAHU AKBAR" yang artinya ALLAH MAHA BESAR. kita pahami bahwa yang maha besar itu ALLAH berarti kita ini Ashgor (sangat kecil). dari lafadz itu saja seharusnya hilanglah kesombongan kita karena kita menyadari Allah yang maha besar dan kita sangat kecil, kita tidak bisa berbuat apa apa tanpa kebesaran ALLAH.
Kemudian dilanjut dengan doa iftitah dan surat al fatihah
Dalam surat alfatihah diawali dengan lafadz "BISMILLAHIRROHMAANIRROHIIM" yang artinya dengan menyebut nama Allah Yang Maha Pengasih Lagi Maha Penyayang. Dari lafadz itu bisa kita pahami bahwa Allah itu maha menyayangi terhadap hambaNya, maka seharusnya hilanglah rasa tidak disayangi oleh Allah atau lebih lebih suudzon kepada Allah.
Berikutnya ditruskan dengan kalimat "ALHAMDULILLAHI ROOBBIL 'AALAMIIN" yang artinya Segala puji bagi Allah Tuhan Semesta Alam. Dengan sering membaca kalimat itu dan kita pahami seharusnya dengan shalat hilanglah rasa ingin dipuji atau riya karena yang memiliki pujian dan yang patut di puji hanya Allah swt.
Berikutnya ada lafadz MAALIKI YAUMIDDIIN yang artinya Raja /PenguasaDi Hari Pembalasan, dengan sering membaca kalimat itu kita harus sadar bahwa akan ada hari pembalasan terhadap amalan kita dan seharusnya kita lebih menambal amalan kita maka harusnya berkuranglah perbuatan jelek kita.
Dilanjut dengan janji kita kepada Allah dengan lafadz IYYAKA NA'BUDU WAIYAAKA NASTA'IIN yang artinya Hanya kepadaMu Kami Beribadah Dan Hanya KepadaMu kami Minta Pertolongan. Dari ayat itu kita sadar atau tidak sadar telah berjanji bahwa tidak ada Tuhan yang diibadahi/ disembah kecuali Allah, maka hilanglah kemusyrikan atau sifat syirik dari diri kita. Dan begitu juga dengan ayat2 dan bacaan bacaan shalat selanjutnya jika kita pahami isinya maka akan hilang kekejian dan kemunkaran.

Setelah kita pahami bacaan bacaan shalat yang begitu luar biasanya, maka harus ada bekas/ atsar dari shalat kita itu, kita shalat tidak hanya dimesjid diluar mesjid pun kita harus shalat dalam artian kita harus selalu ingat kepada Allah. Hal itu dapat menyebabkan kita akan terus beramal shalih dan meninggalkan kemunkaran karena kita paling tidak mempunyai sifat muroqobah (selalu merasa diawasi oleh Allah) dan kita ada rasa "khauf" (rasa takut kepada Allah) ketika kita akan melakukan perbuatan dosa. Dengan demikian maka benar bahwa Shalat Itu Dapat Mencegah Perbuatan Keji Dan Munkar.

Mudah mudahan catatan ini bermanfaat bagi kita khususnya bagi yang membuat catatan yang selalu berusaha menjadi manusia yang lebih baik dan bermanfaat bagi semuanya. Mohon maaf bila ada kesalahan, silakan dikoreksi, catatan ini hanya sebagai pengingat khususnya bagi yang membuat catatan.
Wassalamu'alaikum warohmatullah wabaroakatuh.

kembali ke awal

No comments:

Post a Comment

Silakan Tuliskan Komentar Anda Tentang Blog Ini dan Juga Tentang Postingannya, Komentar dan Masukkan Anda Sangat Berarti Untuk Perkembangan Blog Ini

Beri Tahu Kami Jika Ada Link Download Yang Tidak Bekerja atau Tidak Bisa Dibuka
TERIMA KASIH...!!!